Terlalu Kurus Bisa Sebabkan Kondisi Tubuh Ini!

Terlalu Kurus Bisa Sebabkan Kondisi Tubuh Ini!

Faktor genetik, menderita penyakit tertentu atau mengkonsumsi jenis obat-obatan bisa membuat seseorang mengalami penurunan berat badan. Selain itu, lansia juga acap mengalami hal yang sama karena faktor alamiah. Bila Anda masih usia produktif dan mengalami kondisi underweight, sebaiknya pertimbangkan mengkonsumsi makanan sehat dalam jumlah kecil dengan intensitas sering. Makanan penambah berat badan harus masuk dalam menu harian agar Anda memiliki pertumbuhan tubuh yang ideal.

5 Kondisi Kesehatan yang Disebabkan Tubuh Terlalu Kurus

Bila berat badan Anda terus menurun, maka segera melakukan program penambahan berat badan. Jangan mengkonsumsi junk food atau makanan yang memiliki lemak dan gula hanya demi kenaikan berat badan lebih cepat. Kemungkinan Anda bisa mengalami pertambahan berat badan cepat, tapi tidak mampu mempertahankan lebih lama. Sebaiknya cobalah cara menambah berat badan alami seperti mengkonsumsi makanan penambah berat badan yang sehat, rajin olahraga, hindari soda, dan lain-lain.

Anda perlu melakukan penambahan berat badan bila tidak ingin mengalami kondisi kesehatan akibat tubuh terlalu kurus berikut :

1.                 Mengalami malnutrisi

Anda bisa mengalami kasus kekurangan nutrisi sebab tubuh yang terlalu kurus. Tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dari makanan sehingga rentan mengalami defisiensi besi, gampang lemas, anemia, dan lain-lain.

2.                 Sistem kekebalan tubuh menurun

Risiko buruk orang yang memiliki berat badan dibawah ideal bisa mengalami masalah penurunan sistem kekebalan tubuh. Asupan kalori, protein dan antioksidan sangat diperlukan tubuh dalam menangkal risiko penularan penyakit sehingga Anda wajib mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Bila sistem imun menurun, risiko Anda mudah terserang sakit bisa terjadi kapan saja.

3.                 Alami masalah kesuburan

Baik pria atau wanita yang mengalami masalah berat badan dibawah ideal, bisa memiliki risiko kesuburan yang wajib diwaspadai. Kondisi pria yang kurang bugar dan berstamina bisa mengalami masalah di atas ranjang, termasuk kondisi sel sperma yang tidak bagus. Bagi wanita yang terlalu kurus, maka risiko alami amenore atau kondisi gangguan menstruasi bisa menyebabkan produksi sel telur tidak optimal.

4.                 Kondisi osteoporosis

Tidak hanya lansia saja yang rentan alami osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang, tetapi orang yang berada pada usia produktif juga mengalami hal yang sama. Apalagi orang yang memiliki berat badan minim, maka risiko terkena osteoporosis bisa mencapai 24 persen dibandingkan orang yang punya berat badan ideal.

5.                 Perubahan hormon

Dampak negatif dari tubuh yang terlalu kurus bisa alami masalah keseimbangan hormon. Padahal tubuh memerlukan hormon untuk mengatur kinerja organ yang vital, misalnya organ jantung. Pada wanita yang terlalu kurus, Anda harus segera melakukan penambahan berat badan lebih cepat guna menghindari risiko kurang subur akibat gangguan hormon reproduksi.

Yuk, pertimbangkan kiat menambah berat badan yang lebih sehat dan cepat mulai sekarang! Konsumsi makanan penambah berat badan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, vitamin, mineral, dan lain-lain. Tubuh yang sehat akan mendukung aktivitas Anda sehari-hari tanpa merasa lelah, lemas atau kurang bertenaga.

Related Posts