Olahraga yang Dapat Tingkatkan Tinggi Badan Anak

Olahraga yang Dapat Tingkatkan Tinggi Badan Anak

Tinggi badan ideal merupakan impian dari semua orang. Jika Anda telah memilikinya, ini merupakan nikmat dari Sang Pencipta.

Lalu, bagaimana dengan anak-anak? Apakah tinggi badan penting bagi mereka? Anak-anak sebetulnya tidak mengetahui peranan tinggi badan mereka, sebab mereka masih terlalu polos untuk memikir hal ini.

Peranan Tinggi Badan sebagi Indikator Kecukupan Gizi

Inilah tugas orang tua untuk memastikan tinggi badan ideal anak-anak mereka. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak memiliki pertumbuhan yang pesat salah satunya adalah tinggi badan.

Tinggi badan ideal tiap anak sebenarnya berbeda-beda. Tergantung dari sifat genetik yang diturunkan kedua orang tuanya. Akan tetapi, jika perbedaan tinggi seorang anak berbeda dengan anak-anak pada umumnya bisa jadi ada masalah kesehatan pada anak tersebut.

Umumnya anak di usia balita tingginya tak kurang dari 70 cm, dan anak usia 6-8 tahun tak kurang dari 106 cm. Standar tinggi badan ideal sesuai umur dapat Anda pelajari lebih dalam di internet.

Olaharaga yang Dapat Meninggikan Badan

Jika ingin tinggi badan anak ideal, selain dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Anda bisa pula mengajarkan beberapa latihan seperti berikut agar pertumbuhan tinggi anak lebih optimal.

  1. Renang

Olahraga yang satu ini cukup menantang. Pasalnya berkaitan dengan air. Tak semua orang dapat berenang, tetapi renang dapag dipelajari. Olahraga renang juga dapat meningkatkan tinggi badan karena dalam olahraga ini hampir seluruh persendian bergerak. Renang dapat merangsang otot tulang belakang melakukan peregangan secara terus menerus, sehingga dapat meningkatkan tinggi badan.

  1. Basket

Olahraga yang misinya memasukkan bola ke dalam ring tinggi ini sudah diketahui bahwa dapat meningkatkan tinggi badan. Bisa kita lihat, pemain basket umumnya memiliki postur yang tinggi. Ini dikarenakan identik dengan lompatan dan langkah yang panjang. Sehingga dapat memengaruhi tulang dan sendi kaki untuk tumbuh lebih baik.

  1. Pull up

Pull up merupakan olahraga yang melatih otot tangan dengan mengangkat badan secara lurus pada tiang palang. Posisi lurus ke bawah inilah yang memacu tubuh melakukan peregangan. Ditambah dengan gaya gravitasi, peregangan menjadi lebih maksimal. Akibatnya, perlahan tubuh akan bertambah tinggi.

  1. Lompat tali

Permainan dan olahraga ini melatih konsentrasi dan kelincahan. Selain itu, gerakan yang melompat juga dapat meregangkan seluruh bagian tubuh. Melalui lompat tali, bisa didapatkan tinggi ideal. Apalagi bagi anak-anak yang menyukai permainan ini.

Akhir Kata

Demikian adalah beberapa contoh olahraga yang dapat menambah tinggi badan anak. Perlu diingat, tinggi badan anak tidak harus disamaratakan. Sebab, anak masih dalam masa pertumbuhan. Tinggi badan bisa saja akan naik secara drastis terutama saat menginjak puber.

Namun, tetap perhatikan tinggi badan anak. Tetap berikan makanan yang bernutrisi dan olahraga secara teratur, seperti contoh olahraga di atas.

Related Posts